Minggu, 12 Juli 2020

Pentingnya Menerapkan Pola Hidup Sehat


Pengertian Sehat
Sehat adalah suatu keadaan sehat fisik, mental, dan juga sosial. Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan mencakup 3 aspek yang saling berkaitan satu sama lain, dan tidak hanya berarti bebas dari penyakit.

Karena sehat mencakup 3 aspek yang penting dan saling terkait, maka dari itu diperlukan pembinaan terhadap kesehatan melalui salah satu dari 3 aspek tersebut, khususnya melalui kegiatan jasmani, seperti berolahraga, karena olahraga memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap kedua aspek lainnya, yaitu mental dan juga sosial.

Sehat Jasmani
Sehat jasmani merupakan komponen penting dalam arti sehat seutuhnya. Contoh sehat jasmani adalah seseorang yang berpenampilan kulit bersih, mata bersinar, rambut tersisir rapi, berpakaian rapi, berotot, tidak gemuk, nafas tidak bau, selera makan baik, tidur nyenyak, gesit dan seluruh fungsi tubuh berjalan normal.

Sehat Mental
Pepatah kuno mengatakan “Jiwa yang sehat terdapat di dalam tubuh yang sehat”. Maka dari itu kesehatan mental dan kesehatan jasmani selalu berhubungan. Jika kesehatan jasmaninya lemah maka kesehatan mentalnya pun pasti lemah.

Sehat Spritual
Kesehatan spiritual memiliki arti penting dalam kahidupan sehari-hari masyarakat. Setiap orang perlu mendapat pendidikan formal maupun informal, kesempatan untuk berlibur, mendengar alunan lagu dan musik, siraman rohani seperti ceramah agama dan lainnya agar terjadi keseimbangan dalam jiwanya.

Pengertian Bugar
Bugar merupakan kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan fungsinya secara efisien dan efektif, serta mampu melakukan kegiatan darurat tanpa merasa lelah. Semakin bugar kondisi jasmani seseorang, maka kesehatannya pun juga akan semakin meningkat.

Jasmani seseorang dapat dikatakan sehat apabila semua fungsi organ pada jasmani seseorang dalam keadaan normal, baik saat beristirahat ataupun saat sedang melakukan suatu kegiatan. Apalah artinya kondisi tubuh dikatakan sehat apabila hanya sehat dalam waktu beristirahat saja dan merasa kelelahan ketika melakukan suatu kegiatan.

Dengan penjelasan di atas, secara singkat dapat disimpulkan bahwa kondisi sehat seseorang sebenarnya dipengaruhi oleh kondisi bugar atau tidaknya jasmani orang tersebut. Semakin tinggi kemampuan jasmani seseorang dalam melakukan kegiatan, itu berarti tingkat kebugaran tubuhnya pun juga tinggi. Jika tingkat kebugaran yang dimilikinya tinggi, maka dapat dipastikan jika orang tersebut memiliki jasmani yang juga sehat.

Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup sehat adalah sebuah komitmen atau rencana jangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal agar mampu mendukung fungsi tubuh, sehingga berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat adalah menjaga asupan makanan sehat dengan menjaga pola makan, berolahraga, melakukan kegiatan positif untuk menghindari stres, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan hal ini, maka kualitas hidup pun bisa meningkat dan membawa pengaruh positif bagi lingkungan.

Menerapkan gaya hidup sehat juga menjadi hal yang paling penting. Pola makan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu risiko kesehatan yang utama. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang sekarang ini semuanya menjadi serba instan. Tidak hanya itu, karena kemudahan teknologi, gaya hidup tidak sehat membuat tubuh rentan terserang berbagai jenis gangguan kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Langkah-Langkah Melakukan Gaya Hidup Sehat
Makan Sehat dengan Gizi Seimbang
Cara hidup sehat, tetapi cukup sulit diterapkan adalah menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini sangat penting, supaya tubuh dapat tumbuh, berkembang, serta menjalankan fungsinya dengan maksimal. Kamu bisa memilih makanan yang alami, atau dalam proses pembuatannya tidak ada zat kimia yang masuk ke dalamnya. Gunanya adalah untuk menghindari efek negatif yang bisa dihasilkan. Untuk menjalani hidup sehat, setidaknya kamu harus mengonsumsi buah dan sayur disamping daging dan sumber karbohidrat lain.




Olahraga Teratur
Dengan olahraga yang benar dan dalam waktu yang tepat bisa membuat peredaran darah menjadi lancar, serta menguatkan otot dan tulang. Jika kegiatanmu didomniasi oleh aktivitas sederhana, pertimbangkan untuk bergerak aktif setiap hari. Disarankan untuk berolahraga dengan durasi minimal 150 menit setiap minggu. Mulai dari joging, renang, hingga senam aerobik, kamu bisa memilih jenis olahraga yang kamu sukai untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.




Istirahat Cukup 
Untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat, kamu juga bisa mendapatkannya dengan beristirahat yang cukup. Pastikan jam tidurmu selalu terpenuhi dan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Jika merasa sulit tidur, kamu bisa mencoba mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik untuk membuat tubuh lebih rileks dan semakin mudah terlelap.