Kamis, 02 April 2020

PEMELIHARAAN DIRI


PEMELIHARAAN DIRI
(MATERI PJOK KELAS 5 SD)


Cara pemeliharaan diri dari penyakit
Salah satu cara mudah untuk memelihara kesehatan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat titik dengan menerapkan pola hidup sehat kita dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit.
Apakah kamu pernah dengar ungkapan menjaga lebih baik daripada mengobati? maksud ungkapan tersebut adalah sebaiknya kita melakukan pencegahan terhadap datangnya suatu penyakit karena mencegah itu lebih mudah daripada mengobati penyakit tersebut.
Menerapkan pola hidup sehat bertujuan agar kesehatan kita tetap terpelihara dan terhindar dari berbagai penyakit. pola hidup sehat adalah segala usaha untuk menerapkan kebiasaan baik dalam menciptakan hidup sehat dan menghindarkan diri dari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan titik kebiasaan baik yang dapat kita lakukan setiap hari untuk menghindarkan diri dari penyakit diantaranya sebagai berikut.

Mengkonsumsi makanan, buah, dan air yang cukup
Tubuh kita membutuhkan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang titik untuk memperoleh gizi yang seimbang, makanan yang kita makan setiap hari sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang cukup. Selain itu, jumlah kalori dan komposisinya juga harus seimbang titik maksudnya, jumlah kalori yang masuk seimbang dengan jumlah kalori yang kita keluarkan untuk melakukan aktivitas.

Olahraga secara teratur
Dengan olahraga teratur, kita dapat memicu kerja jantung, pernapasan, dan peredaran darah menjadi lebih baik. Kita tidak perlu melakukan olahraga yang berat untuk hidup sehat yang penting tubuh bergerak secara keseluruhan sehingga keringat bisa keluar. Sebaiknya kita lakukan olahraga secara teratur dan berkesinambungan titik kita dapat memilih olahraga yang ringan, murah dan mudah kita lakukan titik misalnya, kita dapat berolahraga dengan cara berjalan berlari bersepeda senam dan atau bermain sepak bola.

Istirahat atau tidur yang cukup
Tubuh yang selalu beraktivitas perlu mendapat istirahat yang cukup. Istirahat paling baik untuk tubuh kita adalah tidur. Waktu yang diperlukan seorang untuk tidur kurang lebih 8 jam sehari titik bayi dan anak kecil membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak daripada orang dewasa dan remaja titik tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan energi sehingga menghindarkan diri dari berbagai serangan penyakit yang merugikan. Waktu istirahat atau tidur yang baik adalah siang dan malam titik tidur siang cukup 1 jam dan sisanya dimanfaatkan untuk tidur malam hari.

Menghindari kebiasaan yang dapat merusak badan
Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan orang di sekitar kita yang dapat merusak badan mereka sendiri titik kebiasaan itu misalnya merokok dan minum-minuman terlarang.
Apa yang harus kamu lakukan apabila di lingkunganmu ada orang yang mempunyai kebiasaan merokok? Kamu harus menjauh karena meskipun kamu tidak merokok, asap rokok tersebut dapat terhirup oleh mu. Artinya sama saja kamu menjadi perokok pasif dan memiliki resiko yang sama dengan perokok aktif.
Demikian juga dengan minuman terlarang, kamu wajib menghindarinya. Jangan pernah kamu mencoba untuk mengkonsumsinya. Minuman yang terlarang dapat merusak kesehatan badanmu titik apabila kesehatanmu sudah terganggu segala penyakit akan mudah menyerang tubuhmu, baik penyakit menular maupun tidak menular.

Penyakit menular


Penyakit menular adalah penyakit yang dapat menular dari seseorang ketika sakit kepada orang yang lebih sehat titik penularan penyakit tersebut dapat terjadi baik melalui perantara maupun secara langsung.

Macam-macam penyakit menular:
Penyakit kulit
Penyakit kulit adalah suatu penyakit yang menyerang kulit dan dapat terjadi di bagian kulit manapun titik ada jenis penyakit kulit yang menular dan ada pula yang tidak titik penyakit kulit yang menular diantaranya kadas kudis dan cacar air.

Penyakit mata
Penyakit mata adalah jenis penyakit yang menyerang mata atau sekitar kelopak mata kita. Ada beberapa penyakit mata yang menular dan ada juga jenis penyakit mata yang tidak menular. Macam-macam penyakit mata yang menular diantaranya sebagai berikut.
1.    Iritasi atau peradangan mata
Radang mata adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan satu atau lebih bagian mata dan disebabkan berbagai faktor mulai dari iritasi sampai penyakit tertentu yang disebut radang okular.
2.    Herpes mata atau herpetic
Herpes di mata dapat menimbulkan serangkaian gejala pada mata. Gejala yang muncul pada tiap orang dapat berbeda, tergantung jenis virusnya.

Influenza
Tanda-tanda penyakit flu adalah kepala pusing, bersin-bersin, hidung tersumbat, menggigil demam dan nyeri tenggorokan titik penularan influenza melalui udara dan kontak langsung dengan penderita yang ketika bersin dan batuk hidung dan mulutnya tidak ditutup tisu atau sapu tangan.

Demam berdarah dengue
penyakit demam berdarah mudah sekali menular dan biasanya cepat menular di suatu daerah tertentu misalnya di sekolah atau di lingkungan tempat tinggal atau masyarakat. Penyebab penyakit DBD adalah virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti.
cara pencegahan penyakit DBD dengan melakukan aktivitas yang disebut 3M yaitu menguras bak mandi, menutup tempat air, dan mengubur kaleng-kaleng bekas.

Malaria
Penyakit malaria adalah penyakit yang berbahaya titik apabila tidak segera diobati dapat mengakibatkan kematian penderitanya. Penyakit malaria disebabkan oleh parasit plasmodium parasit plasmodium dibawa oleh nyamuk anopheles betina. cara penularan penyakit malaria adalah melalui gigitan nyamuk anopheles betina yang sudah terinfeksi oleh parasit plasmodium. Penyakit malaria dapat juga menular secara langsung yaitu melalui transfusi darah penderita kepada orang yang awalnya sehat.

Penyakit tidak menular


Penyakit tidak menular (PTM) adalah jenis penyakit yang tidak dapat ditularkan dari orang ke orang melalui bentuk kontak apa pun. Beberapa penyakit tidak menular adalah sebagai berikut :

Panu
Penyakit panu merupakan penyakit kulit yang tidak dapat menular titik penyakit panu disebabkan oleh jamur malassezia. jamur malassezia ini juga tumbuh pada kulit orang yang sehat. Jadi, dapat dipastikan bahwa panu adalah penyakit kulit yang tidak menular titik akan tetapi pada penderita panu jamur ini tumbuh secara berlebihan pada kulitnya.

Penyakit eksim
Penyakit eksim adalah penyakit akibat terjadinya peradangan kulit yang bersifat kronik gatal dan dipengaruhi oleh genetik. Penyakit eksim dapat dibedakan menjadi dua yaitu eksim kering dan eksim basah.
Penyebab penyakit eksim adalah alergi terhadap sesuatu titik sesuatu itu bisa berupa makanan, debu udara panas atau dingin dan benda-benda yang dipakai penderita.

Katarak
Katarak adalah bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan titik katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi terutama oleh orang yang telah berlanjut usia.

Rabun senja
Rabun senja adalah penyakit mata yang terjadi ketika mata tidak dapat melihat dengan baik dalam keadaan redup atau menjelang malam tiba. rabun senja kadang disebut juga rabun ayam titik tanda-tanda penyakit rabun senja adalah mata tidak bisa digunakan dengan jelas apabila melihat benda ketika tiba senja atau kurang cahaya. Rabun senja atau rabun ayam disebabkan kekurangan vitamin A.

Penyakit jantung
Penyakit jantung memang tidak menular titik namun penyakit jantung merupakan penyakit yang paling berbahaya. Salah satunya jenis penyakit jantung adalah jantung koroner yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, dan dapat berakibat fatal. Jika tidak segera ditangani, korban yang mengalami serangan jantung koroner secara mendadak dapat berakhir dengan kematian titik penyebab penyakit jantung antara lain pola hidup yang tidak sehat seperti gambar merokok sering mengkonsumsi makanan yang berlemak jahat, kurang gerak atau kurang berolahraga, kurang istirahat stress yang menumpuk, tekanan darah tinggi, kegemukan atau obesitas, dan faktor genetik atau keturunan.

Tanda penyakit jantung adalah nyeri pada jantung atau dada jantung terasa berdebar-debar sesak napas, merasa kelelahan badan lemah dan pucat, kepala pusing dan sering pingsan.



Masri'an, Aminarni. 2017. PENJASORKES JILID 5 UNTUK SD/MI KELAS V SD. Jakarta: Erlangga