Selasa, 04 Desember 2018

Olahraga Baik Bagi Kesehatan ?

Siapa nih yang tidak suka olahraga ?

Dijamin rugi bagi anda yang tidak suka olahraga. Padahal banyak sekali loh manfaatnya. Beberapa diantaranya yaitu bermanfaat bagi kesehatan jantung, kesehatan otak, dan meningkatkan daya tahan. Menurut penelitian beberapa ahli, selain bermanfaat bagi kesehatan jasmani ternyata olahraga juga bagus untuk kesehatan rohani.

Oke sebelum kita bahas lebih jauh tentang manfaat olahraga, baiknya kita tau terlebih dahulu apa sih olahraga itu ? kamudian apa saja manfaatnya ? dan mengapa olahraga baik bagi kesehatan ?

Beberapa pertanyaan diatas adalah pengetahuan dasar bagi olahragawan, tetapi bagi orang awam tentunya hal ini harus diketahui agar nantinya tidak salah dalam memahami apa itu olahraga dan manfaatnya bagi kesehatan.

Definisi olahraga sendiri adalah sebuah aktivitas tubuh yang dilakukan seseorang untuk melatih jasmani dan rohani. Artinya, olahraga tidak hanya melatih jasmani (tubuh) saja tetapi juga melatih rohani seseorang. Bagaimana olahraga bisa melatih rohani seseorang, padahal jelas-jelas aktivitas olahraga merupakan aktivitas yang melatih jasmani (tubuh) ?
Sebagian orang yang awam tentunya akan asing mendengar pernyataan diatas. Hal tersebut sebenarnya berkaitan erat dengan kalimat “mens sana in corpore sano” yang artinya “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang populer di kalangan olahragawan. Kalimat tersebut adalah suatu ujaran yang merupakan karya sastra seorang pujangga Romawi yang bernama Decimus Iunius Juvenalis pada abad ke 2 Masehi yang kemudian di populerkan oleh John Hulley asal Inggris. Ujaran tersebut digunakan John Hulley sebagai motto Klub Atletik Liverpool pada tahun 1861.

Bagaimana olahraga bisa melatih rohani seseorang ?

Anda pasti pernah mengalami ketika berolahraga atau setidaknya lari pagi, bisa anda rasakan setelah melakukan olahraga ada perasaan senang bercampur lelah. Perasaan senang tersebut disebabkan oleh hormon yang disebut hormon endorfin atau sering disebut hormon feel good. Hormon endorfin adalah zat kimia seperti morfin yang dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh dan memiliki peran dalam membantu mengurangi rasa sakit.


Seseorang yang aktif melakukan aktivitas olaharaga akan mengahasilkan hormon endorfin lebih kuat dan menurunkan hormon stres seperti hormon kortisol sehingga menyebabkan perasaan senang dan menjadi obat penghilang rasa sakit alami. Selain itu, orang yang aktif melakukan aktivitas olahraga akan memiliki kesehatan yang baik dibandingkan orang yang jarang melakukan aktivitas olaharaga, terutama bagi orang yang sudah berumur.

Apa sih manfaat melakukan olahraga ?

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari olahraga. Secara umum manfaat olahraga yaitu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, meningkatkan percaya diri, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kinerja otak, serta mengurangi resiko stres. Tetapi jika ditinjau lebih dalam lagi manfaat olahraga sangat luas sekali dan dapat dibagi lagi menjadi banyak aspek.  Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa salah satu manfaat olahraga baik bagi kesehatan mental. Adapun manfaatnya baik bagi kesehatan mental dapat dibagi lagi menjadi beberapa aspek lain seperti meningkatkan mood, meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres dan depresi, menigkatkan rasa percaya diri, dan seterusnya.


Mengapa olahraga baik bagi kesehatan ?

Jika ditinjau dari aspek jasmani, olahraga baik bagi kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kardiovaskuler. Sedangkan jika ditinjau dari aspek rohani, olahraga baik bagi kesehatan mental. Bahkan di beberapa jurnal dan artikel kesehatan dijelaskan bahwa olahraga telah dimasukkan kedalam terapi pengobatan bagi seseorang dengan penyakit depresi akut. Tetapi perlu diketahui bahwa terapi maupun pengobatan yang menggunakan aktivitas olahraga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pastinya ada aturan dosis, frekuensi, dan intensitas latihan yang diberikan.


Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga adalah salah satu sarana yang paling murah bagi masyarakat untuk sehat. Banyak sekali manfaat-manfaat yang didapat jika kita mau melakukan olahraga, diantaranya yaitu baik bagi kesehatan jantung dan baik bagi kesehatan mental. Bahkan olahraga dapat digunakan sebagai terapi pengganti obat jika dilakukan dengan dosis, frekuensi, intensitas, dan latihan yang benar. Maka dari itu pentingnya menanamkan bahwa olahraga baik bagi kesehatan adalah hal yang seharusnya dilakukan sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar